Saturday, September 15, 2012

ADAB KEPADA KEDUA ORANG TUA

Setiap anak adalah permata hati orang tua. Mereka dilahirkan dengan rasa gembira dan bahagia setiap orang tua. Tapi sekarang banyak anak-anak yang kurang beradab kepada kedua orang tuanya. Bahkan ada yang sampai berani melawan bahkan durhaka kepada orang tuanya.

Tulisan ini untuk mengingatkan kita seperti apa adab kepada orang tua yang diperintahkan Allah dan dicontohkan Rasulullah dalam Al-Qur'an dan Hadist.

1. Surat LUQMAN ayat 14
yang artinya :
"Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu bapaknya. Ibunya yang telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah - tambah, menyapihnya (menyusuinya) dalam 2 tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang ibu bapakmu, hanya kepada - Ku lah kembalimu.

2.  Surat LUQMAN ayat 15
yang artinya :
"Dan jia keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak asa pengetahuanmu tentang itu, maka janganlah kamu mengikuti keduanya. Dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik. Dan ikutilah jalan orang-orang yang kembali kepada-Ku. Kemudian hanya kepada - Ku lah kembalimu, maka kuberitakan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.

3.  Surat AL ISRAA' ayat 23
yang artinya :
"Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan meyembah selain Dia. dan hendaklah kamu berbuat baik kepada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya. Jika salah seorang  diantara keduanya atau kedua-duanya sampai beumur lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan "ah" dan janganlah kamu membentak mereka dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia"

4.  Surat AL ISRAA' ayat 24-25
yang artinya :
"Dan rendahkanlah dirimu terhadap mereka berdua dengan penuh kesayangan dan ucapkanlah : "Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil".
"Tuhanmu lebih mengetahui apa yang ada dalam hatimu; jika kamu orang-orang yang baik, maka sesungguhnya Dia Maha Pengampun bagi orang-orang yang bertaubat.

5.  Hadist Rasulullah SAW
Dari Abdullah Ibn "Abbas, RA, Rasulullah SAW bersabda, "Tiada anak yang berbakti kepada orang tuanya, kemudian ia memandang wajah orang tuanya dengan perasaan penuh kasih, kecuali Allah menulis pahala haji mabrur baginya setiap kali pandang".Ibnu Abbas bertanya, "Yaa Rasulullah, jika anak itu memandang seratus kali sehari kepada orang tuanya, terus bagaimana?" Rasulullah menjawab. "Ya....tentu saja lebih agung pahalanya. Sebab Allah Maha Agung Lagi Baik (HR. Al-Baihaqi, Kitab Syu'abul Iman)

"Jika seorang anak memandang orang tuanya dengan wajah gembira, maka ia kan memperoleh pahala seperti orang yang memerdekan hamba sahaya".(HR. Al Baihaqi)

No comments:

Post a Comment